Nge-‘Tone’ dengan Photoshop Hasilkan Karya Layaknya Sang Fotografer


Efek Soft Tone (Soft Tone Effect)  adalah efek yang sering  digunakan oleh Fotografer-Fotografer terkenal untuk mengubah foto hasil karyanya menjadi  lebih menarik. Tone adalah mengatur berbagai warna menggunakan angka-angka perubahan nilai-nilai setiap warna agar menghasilkan berbagai warna yang menarik seperti di bawah ini :
Berikut langkah-langkah pembuatan efek soft tone pada gambar :

Langkah 1


Buka file yang akan kita beri efek soft tone. Caranya, klik menu File > Open. Kemudian pilih gambar bahan1.jpg. Download file disini (124)

baca selengkapnya dibawah ini, jangan lupa tinggalkan comment juga lho....!!! :DLangkah 2 


Lakukan duplikat layer background dengan menekan (CTRL + D), sehingga terdapat 2 layer yaitu layer background dan layer background copy.

Langkah 3 


Aktifkan layer background copy, klik Channel Palette dan pilih Channel  Green.

Langkah 4 


Setelah Channel Green aktif, seleksi semua dengan menekan CTRL+A  dan CTRL+C untuk men-copy yang terseleksi.

Langkah 5 


Klik Channel Blue dan tekan CTRL + V untuk paste channel green sebelumnya. Kemudian klik channel RGB, sehingga gambar tampak seperti di bawah ini :

Langkah 6 


Aktifkan kembali  pallet layer, tekan CTRL+D untuk menghilangkan tanda seleksi. Klik New Adjustment yang letaknya dibawah jendela layer palette kemudian pilih Selective Color.

Langkah 7 


Selective Color yang pertama adalah warna merah (RED), berilah nilai-nilai tertentu sesuai keinginan kita seperti contoh di bawah ini lalu klik OK.

Langkah 8 


Double Click (klik 2 kali) layer thumbnail Selective Color untuk pengaturan tone warna  yang kedua adalah warna CYAN, masukkan angka sesuai keinginan kita seperti contoh di bawah ini lalu klik OK.

Langkah 9 


Double Click (klik 2 kali) layer thumbnail Selective Color untuk pengaturan tone warna yang ketiga adalah warna putih (WHITE), masukkan angka sesuai keinginan kita seperti contoh di bawah ini lalu klik OK.

Langkah 10 


Double Click (klik 2 kali) layer thumbnail Selective Color untuk pengaturan tone warna  yang keempat adalah warna NEUTRALS, masukkan angka sesuai keinginan kita seperti contoh di bawah ini lalu klik OK.

Langkah 11 


Double Click (klik 2 kali) layer thumbnail Selective Color untuk pengaturan tone warna  yang keempat adalah warna hitam (BLACK), masukkan angka sesuai keinginan kita seperti contoh di bawah ini lalu klik OK.

Langkah 12 


Ubah nilai  Opacity dan Fill masing-masing menjadi 50%

Langkah 13 


Klik New Adjustment yang letaknya dibawah jendela layer palette kemudian pilih Channel Mixer. Output Channel yang pertama adalah RED, masukkan nilai-nilai seperti di bawah ini lalu OK.

Langkah 14 


Output Channel yang kedua adalah GREEN, masukkan nilai-nilai seperti di bawah ini lalu OK.

Langkah 15 


Output Channel yang ketiga adalah BLUE, masukkan nilai-nilai seperti di bawah ini lalu OK.

Langkah 16 


Simpan hasil latihan dengan nama hasil soft tone.jpg.

Sumber: http://news.palcomtech.com/2012/06/nge-tone-dengan-photoshop-hasilkan-karya-layaknya-sang-fotografer/

0 komentar:

Posting Komentar

PLN Harapan Untuk Negeriku

JASA SHOOTING

Tutorial Membuat FD USB

JASA FOTO

JASA UNDANGAN

SOUVENIR

JUAL BELI PC/LAPTOP

JASA PEMBUATAN WEBSITE

REINHA CELL

Marquee Text